Home   News   Character Camp

Character Camp

CHARACTER CAMP SDK 2

Dua bulan rupanya bukan waktu yang cepat buat siswa-siswi SDK 2 yang sudah sangat penasaran menanti dan menanti janji guru-gurunya akan dilaksanakannya kegiatan character camp yang dikemas dalam bentuk kegiatan pramuka.  Kegiatan ini merupakan hal yang sangat baru bagi siswa-siswi kelas 5, dimana akan dilakukan di BUPERTA  Jambore Nasional Cibubur.

Awalnya kegiatan kami rencanakan pada bulan September, akan tetapi hujan yang tidak menentu mengakibatkan waktu pelaksanaan berubah terus. Akhirnya dengan beberapa pertimbangan kami memutuskan untuk melaksanakannya pada bulan April tgl 19-20 April 2013. Kami guru-guru Pembina dan pendamping Pramuka beserta anak-anak mempersiapkan kegiatan ini kurang lebih 2 bulan lamanya.

Hari Kamis tgl 18 April,  kami, para guru dan siswa melakukan persiapan terakhir. Hari Jumat tgl 19 April pkl 07.30 tibalah saat yang dinati-nantikan, kami berangkat dari sekolah. Hal yang paling mengejutkan anak-anak  karena mereka harus naik truk / tronton TNI AD  di mana sopirnya bapak – bapak TNI. Wow ….. seru sekali. Kami menggunakan 3 truk, sedangkan barang-barang dan perlengkapan lainnya dibawa menggunakan mobil box PENABUR.

Pukul  09.00 kami tiba di lokasi. Hahh…. Jadi kami harus tidur di tenda Pleton milik TNI juga? Demikian kata kata siswa ketika mereka melihat di lokasi SAKA BAHARI yang dikelilingi oleh danau dan hutan telah berdiri dua tenda besar berwarna hijau.

Kegiatan demi kegiatan pun berjalan dengan lancar, kami mulai dari pengenalan lokasi, mencari jejak, belajar tali temali, menggunakan kompas dsb. Pada sore hari kami mulai memasak dalam setiap regu. Semua alat dan bahan telah kami persiapkan, lalu kamipun memasak. Yang bikin seru adalah ketika hasil masakan ( spaghetti ) setiap regu di lombakan. Yah yang jelas rasanya bermacam-macam, tapi bukan itu yang penting, ternyata membuat masakan yang enak itu susah tapi menyenangkan.

Selesai makan malam, kami dibekali oleh ibu Pdt. Melanie tentang “ Anak Tuhan yang bertanggungjawab, mandiri, disiplin, dan berani.” Selesai sesi ibu pendeta, kami melakukan jalan malam( kelana ). Setiap regu hanya dibekali dengan satu senter yang didampingi oleh dua orang guru setiap regunya. Selesai kelana kami mengikuti acara api unggun. Setiap regu menampilkan  performance yang sdh dipersiapkan sebelumnya. Pukul 11.30 kami harus masuk tenda dan tidur menggunakan sleeping bag masing-masing.

Pukul 04.00 kami semua sudah harus bangun dan membereskan tempat tidur masing-masing, lalu kami senam tepat di dekat danau yang sejuk. Pukul 08.00 kembali kami mengikuti beberapa permainan, diantaranya mengisi paralon air, meniti, spiderweb, menara air, melempar balon air, dan memindahkan nuklir. Di akhir games Kak Robby mengumumkan regu yang mengumpulkan pita merah paling banyak( regu terbaik).

Pukul  14.00 kami pulang ke sekolah dan tiba pukul  15.00 dengan selamat. Capek, dan menyenangkan bercampur menjadi satu, tetapi yang pasti kami belajar banyak hal. Terima kasih kepada semua guru, dan orang tua siswa yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini hingga telah berjalan dengan baik.

Dengan kerjasama yang baik mereka
mendirikan menara air
 
 
camp4ssd
Ibu dokter dengan setia mendampingi para
siswa selama camp berlangsung

 

Share